Kamis, 03 Juni 2010

Pertumbuhan Batang

Jaringan pembuluh memanjang di sepanjang sebuah batang dalam beberapa untaian yang disebut berkas pembuluh yang membentuksuatu silinder pembuluh di tengah akar. Pada zona transisi dimana batang menyatu dengan akar, berkas pembuluh batang akan menyatu dengan akar, berkas pembuluh batang mengumpul sebagai silinder pembuluh akar.
Masing-masing berkas pembuluh batang dikelilingi oleh jaringan dasar. Pada bagian besar dikotil, berkas pembuluh tersusun dalam lingkaran, dengan empulur (pith) di sebelah dalam lingkaran dan korteks yang terletak di sebelah luar lingkaran. Empulur atau korteks merupakan jaringan dasar, empulur dan korteks dihubungkan oleh suatu berkas tipis jaringan dasar diantara berkas pembuluh.
Kambium pembuluh adalah suatu silinder yang tersusun dari sel-sel meristemastik yang membentuk jaringan pembuluh sekunder. Akumulasi jaringan pembuluh sekunder ini selama bertahun-tahun, bertanggung jawab atas sebagian besar pertambahan diameter tumbuhan berkayu. Kambium pembuluh menghasilkan xilem sekunder ke arah dalam dan floem sekunder kearah luar. Sejalan dengan waktu diameter pohon bertambah besar seiring denagn meningkatnya diameter silinder kambium pembuluh yang membentuk lapisan jaringan sekunder dan dengan diameter yang lebih besar dibandingkan diameter sebelumnya.
Setelah tumbuhan mencapai ukuran dewasa, terbentuklah bunga. Setelah polinasi, yakni berpindahnya serbuk sari ke putik, terjadi pembuahan. Buah dibentuk dan menghasilkan biji sehingga daur hidup tumbuhan selesai. Ada tumbuhan yang segaera mati setelah membentuk biji, disebut tumbuhan setahun atau anual. Ada pula yang tetap tumbuh bertahun-tahun disebut tanaman menahun atau parenial, seperti perdu dan pohon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar