Jumat, 04 Juni 2010

Bayi Belajar Saat Tidur

Bayi yang baru lahir memang selalu tidur hingga berjam-jam. Saat mereka tidur, ternyata itu adalah proses belajar. Hal itu menurut penelitian yang dilakukan tim dari University of Florida, Amerika Serikat.

"Kami menemukan, bentuk dasar pembelajaran pada bayi baru lahir adalah tidur. Jenis pembelajaran yang tidak dapat dilihat di ranjang dewasa," kata Dana Byrd, peneliti dari University of Florida, seperti dikutip dari Times Of India.

"Hasil penelitian menunjukkan, bayi baru lahir sangat cepat belajar ketika tidur antara 16 hingga 18 jam per hari. Tidur membuat bayi lebih mudah menyerap informasi seperti spons data,"tambahnya.

Untuk memahami bagaimana bayi baru lahir belajar, Byrd dan rekan-rekannya menguji kemampuan belajar bayi baru lahir dengan mengulang nada yang diikuti oleh embusan lembut dari udara ke kelopak mata. Setelah sekitar 20 menit, 24 dari 26 bayi menyipitkan kelopak mata bersama-sama ketika nada itu terdengar tanpa embusan udara.

Penelitian ini dipublikasi dalam Proceeding National Academy of Sciences. Penelitian merupakan eksperimen pada bayi usia satu dan dua hari. Dengan menggunakan EEG dan rekaman video, gelombang otak dari 24 bayi diketahui ada perubahan ukuran memori.


sumber : http://kosmo.vivanews.com/news/read/155504-bayi_belajar_saat_tidur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar