Kamis, 03 Juni 2010

Jaringan Meristematik

Jaringan meristem atau jaringan muda merupakan jaringan yang terdiri dari sekelompok sel tumbuhan yang aktif membelah. Jaringan meristematik terletak di dekat ujung akar dan dalam kuncup di ujung batang, diantara pepagan (bark) dan kayu pohon, di dalam pepagan pohon, dan dimana saja dalam tubuh tumbuhan, di tempat secara extensif terjadi. Jaringan meristematik ini yang ada di ujung akar dan batang disebut titik tumbuh, atau meristem terminal, jaringan ini menyebabkan pertumbuhan memanjang batang dan akar.
Jaringan meristematik diantara kayu dan pepagan (bark) disebut kambium, yang menyebabkan pertambahan pada diameter batang. Jaringan meristimatik yang ada di pepagan disebut kambium gabus. Jaringan ini menghasilkan pepagan luar pada pohon dan semak. Jaringan meristematik ini tersusun dari sel-sel yang tumbuh aktif yang membentuk sel-sel baru melalui pembelahan sel.
Sel-sel meristematik kecil, berdinding tipis, memiliki nukleus yang relatif besar, vakuola berukuran kecil dan kaya akan sitoplasma dan biasanya berbentuk kubus atau mendekati bentuk kubus, namun demikian sel-sel kambium sangat memanjang, dan mungkin berdinding tebal. Sel-sel ini tertata rapat dan biasanya tanpa ruang antar sel. Sel-sel baru yang dihasilkannya dengan melalui proses pembesaran dan diferensiasi secara morfologis akan mengalami transformasi menjadi jaringan permanen (dewasa).
Berdasarkan asal pembentukannya, jaringan meristem dapat dikelompokkkan menjadi tiga macam, yaitu promeristem, meristem primer, dan meristem sekunder. Promeristem adalah jaringan meristem yang telah ada ketika tumbuhan masih dalam tingkat embrio. Meristem primer adalah jaringan meristem yang ditemukan pada tumbuhan dewasa dan masih membelah diri. Umumnya jaringan ini ditemukan pada ujung batang dan ujung akar yang mengakibatkan tumbuhan bertambah tinggi. Meristem sekunder adalah jaringan meristem yang berasal dari jaringan meristem primer. Contoh meristem sekunder adalah cambium.
Menurut letaknya, jaringan meristem dibedakan menjadi meristem apical, interkalar, dan lateral. Meristem apical atau meristem ujung merupakan meristem yang selalu terdapat di ujung akar dan batang tumbuhan. Meristem interkalar atau meristem antara merupakan meristem yang terletak diantara jaringan meristem primer dewasa. Contoh bagian tumbuhan yang memiliki meristem interkalar adalah batang rumput-rumputan (Graminae). Meristem lateral atau meristem samping merupakan meristem yang merupakan meristem yang menghasilkan pertumbuhan sekunder.
Jaringan permanen, disebut demikian karena biasanya jaringan itu tidak berdiferensiasi menjadi jaringan lainnya, sebagaimana terjadi pada jaringan meristematik, melainkan dalam banyak hal mempertahankan ciri struktural dan fisiologisnya sepanjang organ tempatnya hidup. Jaringan permanen sederhana adalah jaringan permanen yang sel-sel penyusunnnya sama secara struktural.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar