Kamis, 03 Juni 2010

Parenkim Pada Tumbuhan

a. Ciri-ciri umum
Diantara jaringan-jaringan permanen sederhana, parenkim merupakan jaringan yang paling umum dan paling berlimpah, jaringan parenkim terdapat pada hampir semua organ tumbuhan tingkat tinggi. Sel parenkim membentuk jaringan sinambung dalam korteks akar, batang, dan mesofil daun. Selain itu parenkim terdapat sebagai jari-jari empelur. Pada korteks, empelur , dan daun, parenkim dibentuk secara primer. Pada jaringan pembuluh, parenkim dapat bersifat primer atau sekunder, yakni berasal dari kambium pembuluh. Sel parenkim adalah sel hidup yang mampu tumbuh dan membelah.
Bentuk dari parenkim beragam, seringkali bersegi banyak, namun bisa juga berupa bintang. Dindingnya primer, namun dapat pula sekunder (Estiti, 1995). Dan sel-sel parenkim biasanya bundar, oval, atau kadang-kadang silindris, dengan vakuola besar dalam setiap sel, dinding sel sangat tipis, dan biasanya banyak ruang antar sel diantara sel-sel parenkim (Susetyoadi, 2004).
Sel-sel parenkim dewasa memiliki dinding sel primer yang relatif tipis dan lentur. Sebagian besar sel-sel parenkim tidak memiliki dinding sekunder. Protoplasnya umumnya memiliki vakuola tengah yang besar.

b. Fungsi
Parenkim berfungsi dalam fotosintesis, penyimpanan bahan, dan penyembuhan luka. Parenkim juga menghasilkan struktur tambahan atau dapat pula membentuk jaringan sekresi

1 komentar:

  1. nice posting...
    hemmm
    berkunjung ya di link saya
    http://indlesman4.blogspot.com

    thanks

    BalasHapus