Senin, 09 Januari 2012

Membuat WBS untuk Pengembangan Permainan Kakugo pada Peralatan Mobile dengan J2ME

Tahap Perancangan Umum Aplikasi

Aplikasi Kakugo mempunyai empat tahap utama dalam proses pembuatannya. Tahap pertama adalah pendefinisian kebutuhan. Pada tahap ini penulis melakukan inventarisasi terhadap elemen apa saja yang akan dimasukkan dalam program simulasi ini. Pada tahap ini terjadi pemilihan algoritma, pemilihan metode pengkodean, dan gambaran aplikasi permainan ini.

Tahap yang kedua adalah tahap perancangan antar muka. Pada tahap ini dilakukan perancangan antarmuka grafis untuk pengguna permainan ini. Pada tahap perancangan antarmuka ini dilibatkan sedikit pengguna alat bantu pembuatan citra selain penggunaan bahasa pemrograman sebagai alat utama.

Tahap ketiga adalah tahap pengkodean aplikasi. Pada tahap ini, semua elemen yang berada pada daftar kebutuhan yang ada pada tahap pertama dimasukkan secara kode kedalam program. Semua fungsi pendukung aplikasi permainan seperti jaringan dan antarmuka grafis mengalami pengintegrasian ke dalam sebuah rangkaian kode program yang utuh. Pada akhir tahap ini dilakukan sebuah pengujian skala kecil terhadap keseluruhan kode dalam bentuk uji komplikasi. Hasil ujian kondisional ini akan menentukan apakah aplikasi dapat dilanjutkan ke tahap berikutnya atau harus ditulis ulang agar lolos uji kompilasi.

Tahap keempat atau tahap yang terakhir adalah tahap pengujian program secara runtime atau nyata. Tahap ini dilakukan secara berulang terhadap program yang lolos uji kompilasi dengan berbagai macam kondisi yang mungkin terjadi guna melihat kinerja aplikasi, menguji integrasi aplikasi dengan berbagai macam handphone, menguji algoritma permainan, dan mengetahui apakah antarmuka grafis yang digunakan cocok dengan tujuan diciptakannya permainan ini. Tahap pengujian akhir untuk aplikasi ini untuk sementara tidak melakukan uji optimasi penggunaan memori terhadap program.

Gambar 1 Diagram proses perancangan aplikasi Kakugo

Pendefinisian Kebutuhan

Aplikasi permainan Kakugo memrlukan komponen yang masing-masing mempunyai fungsi khusus yang saling melengkapi sehingga terbentuk aplikasi yang lengkap. Komponen tersebut adalah :

1. Komponen yang mengatur menu utama yang merupakan tampilan antarmuka yang dipakai pengguna untuk memilih jenis permainan.

2. Komponen yang mengatur penggambaran papan permainan yang menyesuaikan dengan ukuran resolusi layar.

3. Komponen yang mengatur peraturan permainan dan mengawasi jalannya permainan.

4. Komponen yang menganalisa dan menentukan langkah terbaik dengan menggunakan algoritma kecerdasan buatan yang sesuai dengan permainan Kakugo.

Struktur Navigasi

Gambar 2 Struktur Navigasi Kakugo Game

Dari Struktur Navigasi gambar 2 sistem navigasi untuk game Kakugo menggunakan sistem navigasi composite (campuran). Dari struktur navigasi dapat terlihat bahwa aplikasi menjalankan pertama kali yaitu Splashscreen, setelah itu aplikasi memunculkan Main Menu yang terdiri dari 1 Player, 2 Players, Option, Help, About, Exit. Pada saat menjalankan permainan Kakugo maka melakukan permainan yang pada akhirnya akan menentukan pemenang, antara Blackstone atau Whitestone. Apabila pemain ingin keluar dari permainan, terdapat menu Exit yang akan membawa pemain kembali ke Main Menu .

Skenario Permainan Kakugo

Saat menjalankan aplikasi permainan ini, tampilan awal yang akan muncul adalah layar splash (splash screen) dimana layar tersebut menampilkan logo aplikasi dari permainan Kakugo. Layar splash akan terus muncul hingga pengguna menekan tombol select untuk menuju ke Main Menu. Pada menu utama terdapat beberapa pilihan seperti 1 Player yang akan memainkan permainan melawan komputer (artificial Inteligence), 2 Players yang akan memainkan permainan dengan 2 pemain dengan berjalan secara bergantian, menu Option yang akan mengatur jenis permainan sesuai yang di inginkan pemain, menu Help yang berisi informasi mengenai peraturan permainan, menu About yang berisi data singkat pembuat aplikasi dan yang terakhir menu Exit untuk keluar dari aplikasi permainan. Untuk menu Option, agar pengguna dapat mengatur jenis permainan sesuai yang di inginkan, pengguna hanya perlu menekan tombol select pada setiap menu yang akan dipilih . Setelah selesai mengatur level yang ingin dimainkan, ukuran papan dan jumlah batu yang dipakai, serta menentukan siapa yang lebih dahulu memulai permainan, maka pemain hanya perlu menekan tombol back sampai kembali ke menu utama seperti semula. Peraturan permainannya pun sederhana, permain hanya menyusun sejumlah batu yang telah ditentukan (4,5,6 batu) secara vertikal, horizontal atau diagonal secara urut pada kotak papan permainan yang masih kosong untuk menjadi pemenang dalam permainan. Selain menentukan level, jumlah susunan batu dan ukuran papan permainan yang berbeda-beda akan mempengaruhi tingkat kesulitan dari permainan ini. Hal ini yang akan menambah permainan Kakugo menjadi semakin menarik untuk ditaklukan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai menu-menu yang terdapat pada aplikasi, akan dibahas pada sub bab berikutnya.

Gambar 3 Flowchart kelas KakugoMidlet


Gambar 4 Flowchart papan permainan


Gambar 5 Flowchart kelas KakugoGame

Tidak ada komentar:

Posting Komentar