Kamis, 05 November 2009

Arti Penting Organisasi dan Metode

Di dalam materi kali ini kita akan membahas tentang Arti Penting Organisasi dan Metode.
Sebelumnya kita harus mengetahui terlebih dahuulu tentang pengertian dari kata organisasi dan metode.
Organisasi adalah sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Ada berbagai macam penjelasan tentang pengertian dari kata organisasi, yaitu :
-           Organisasi menurut James D money :
Bentuk setiap kerja sama manusia untuk mencapai tujuan bersama.
-           Organisasi menurut Cheskr I bernard :
Suatu sistem kerjasama dari 2 orang atau lebih. sesuatu yang tidak terwujud dan tidak bersifat perseorangan sebagian besar mengenai hal-hal hubungan.
-           Organisasi menurut J.M Gaus :
Tata hubungan antar orang-orang untuk dapat memungkinkan tercapainya tujuan bersama dengan adanya pembagian tugas dan tanggung jawab.
Tidak hanya sampai di situ saja, sebuah organisasi tidak akan berjalan dengan baik apabila tidak ada suatu metode yang menjadi acuan dalam organisasi tersebut.
Sebelum kita membahas tentang metode-metode yang terdapat dalam suatu organisasi, sebaiknya kita cari tahu dahulu apa yg dimaksud dengan metode.
Metode berasal dari Bahasa Yunani “Methodos’’ yang berarti cara atau jalan yang ditempuh.
Sehubungan dengan upaya ilmiah,maka metode menyangkut masalah cara kerja untuk dapat memahami objek yang menjadi sasaran ilmu yang bersangkutan.
Fungsi metode berarti sebagai alat untuk mencapai suatu tujuan.

Organisasi di bedakan menjadi 2 macam , yaitu :
-           Organisasi sebagai wadah ,
yaitu organisasi dijadikan sebagai tempat dimana sebuah management dijalankan.
-           Organisasi sebagai proses,
yaitu organisasi didirikan untuk memperhatikan interaksi atau kerjasama antar orang-orang yang menjadi anggota dalam organisasi tersebut.
Didalam suatu organisasi akan terjadi 2 hubungan , yaitu :
-           Hubungan formal,
yaitu pola hubungan yang di tetapkan secara resmi oleh Top Management.
-           Hubungan informal,
yaitu pola hubungan yg tidak ada tetapan resmi nya.
Didalam hubungan informal terdapat 3 peranan, diantaranya :
-sebagai sarana untuk berkomunikasi.
-untuk mengatur jalannya kerjasama.
-kebebasan bertindak oleh anggota organisasi tersebut.
Organisasi informal biasanya terbentuk atau tercipta setelah terbentuknya organisasi formal.
Suatu organisasi akan dapat dibangun oleh orang-orang atau anggotanya, dengan satu tujuan, dan juga dengan kerjasama yang baik .
Agar terjalin dan terciptakan kerja sama yg baik, untuk itu dibutuhkan suatu management yang baik pula.
Apabila telah terjalin suatu kerjasama yang baik , maka akan menghasilkan dan tercapainya satu tujuan yang diinginkan oleh bersama.
Bentuk-bentuk organisasi :
Bentuk organisasi di bagi menjadi 2 , yaitu :
-           Organisasi Niaga :
yaitu organisasi yang mempunyai tujuan utamanya suatu keuntungan dalam organisasi itu sendiri.
Contohnya :
• Fa (firma) suatu organisasi yang modalnya dari hasil bersama dan jika ada kerugiaan maka yang bertanggung jawab adalah tanggung jawab bersama.
• CV memiliki dua bagian yaitu Aktif atau Pasif yang maksudnya jika Aktif yang menanamkan modalnya ke suatu organisasi ini juga ikut serta dalam berorganisasi, dan Pasif yang menanamkan modal tidak ikut serta dalam berorganisasi ini.
• PT memiliki berbagai macam seperti tbk yang artinya organisasi ini terbuka dan dapat dimiliki oleh pihak luar.
• Koperasi suatu organisasi yang melakukan kegiatan simpan pinjam pada setiap anggtonya.
• Kartel  yaitu suatu perkumpulan dari beberapa organisasi atau perusahaan yang bergerak dibidang sama yang membuat perjanjian tertentu agar tidak terjadi persaingan yang tidak seimbang.
• Join Venture suatu organisasi yang beranggotakan beberapa Negara.
• Trust yaitu gabungan  dari beberapa perusahaan agar lebih kuat dari yang sebelumnya.
• Holding Company Suatu gabungan saham yang biasanya mengawasi 1 atau lebih perusahaan, dan mengawasinya dengan keseluruhan.
-           Organisasi Sosial :
yaitu organisasi yang mengutamakan kepentingan dalam bersosial.


Contoh :
Perkumpulan-perkumpulan
Bentuk Struktur Organisasi :
Didalam suatu perusahaan atau perkumpulan-perkumpulan , bentuk struktur organisasi adalah salah satu hal yang cukup penting karena dari struktur inilah dapat kita ketahui bagaimana jalannya organisasi tersebut . semakin baik dan semakin rapi struktur yg di buatnya atau yang ada dalam sebuah organisasi maka akan terjalin dengan baik pula segala kegiatan yang ada didalam organisasi tersebut .
Dari materi yang ada diatas , menurut saya suatu metode sangat;ah penting bagi sebuah perusahaan atau dlm sebuah organisasi karena dari metode inilah sebuah perusahaan atau organisasi dapat mengatur perusahaan itu dengan baik , dan aka berjalan sesuai dengan visi misi perusahaan atau organisasi tersebut .

sumber :http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/10/arti-penting-organisasi-dan-metode-3/comment-page-1/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar